Selamat Datang diportal Web Resmi Pemerintahan Nagari Durian Gadang Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota | Mari Bangun Nagari dengan Gotong Royong | Memperoleh Informasi adalah hak Seluruh Masyarakat | Awasi dan Laporkan bila ada Kejanggalan dan Penyimpangan Pengunaan Dana Desa

Artikel

Siswa-Siswi SDN 01 dan 02 Durian Gadang Memperingati Tahun Baru Hijriah

04 September 2019 08:34:02  Administrator  39 Kali Dibaca 

Berita Nagari- NDG| Tahun baru Hijriah yang jatuh pada (01/09) lalu, SDN 01 dan 02 Nagari Durian Gadang memperingati pergantian tahun baru umat Islam. Berbeda dari tahun tahun sebelumnya, tahun ini merupakan tahun perdana Pihak kedua sekolah yang ada di Nagari berinisisatif mengadakan Peringatan Tahun Baru Hijriah Tersebut. Pesertanya melibatkan seluruh siswa- siswi dan dihadiri oleh Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan, Wali Nagari, Anggota DPRD dan Pendakwah yang akan memberikan tausiah.

Acara Peringatan tahun Baru hijriah digelar di Mesjid Syuhada dimulai jam 09:00 WIb sampai dengan sebelum Solat Zuhur, rangkaian acara ini meliputi : Pembukaan, Pembacan Ayat Suci Al-Quran, Kata Sambutan Pembacaan Doa dan Tausiah.

Dalam memberi Kata sambutan, Nanda. S selaku Wali Nagari menyampaikan,"kita berharap semoga acara ini berkelanjutan setiap tahunnya, kepada peserta yang mengikuti tausiah nantinya, semoga dapat membawa bekal dan pengetahuan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari" Ujarnya (03/09).

Selain itu Arsi Medes yang merupakan Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota yang ikut hadir juga menyampaikan,"Bulan Muharam ini merupakan bulan hijrah, mari bersama-sama kita berubah dari yang sebelumnya kurang baik mejadi lebih baik, begitupun untuk Nagari, Mari kita sama-sama merubah dan memajukan Nagari kita untuk menjadi lebih baik lagi" sebutnya dalam pemberian kata sambutan.

Pemaknaan bulan Muharram 2019 berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyararakat Mekkah.  Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik.
 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Opendesa

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl.Raya Piladang - Durian Gadang, Km 4 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Durian Gadang
Kecamatan : Akabiluru
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26252
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:124
    Total Pengunjung:46.351
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.27.11
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

01 Mei 2019 | 1.133 Kali
Profil Nagari
30 April 2019 | 911 Kali
Perangkat Nagari
09 Mei 2019 | 905 Kali
Profil Wali Nagari Durian Gadang
10 Mei 2019 | 896 Kali
Sejarah Nagari
09 Mei 2019 | 895 Kali
Visi dan Misi
27 Mei 2019 | 885 Kali
Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintahan Nagari
06 April 2020 | 688 Kali
Warga Payakumbuh Yang Dimakamkan Sesuai Protap Covid-19, Hasil Lab Dinyatakan Negatif