Selamat Datang diportal Web Resmi Pemerintahan Nagari Durian Gadang Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota | Mari Bangun Nagari dengan Gotong Royong | Memperoleh Informasi adalah hak Seluruh Masyarakat | Awasi dan Laporkan bila ada Kejanggalan dan Penyimpangan Pengunaan Dana Desa

Artikel

Mulai Februari Semua Ijin Usaha Bisa Diurus di BKPM

31 Januari 2020 09:12:30  Administrator  143 Kali Dibaca  Berita KBR


[KBR|Warita Desa] Jakarta| Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan mengurus semua izin usaha, mulai awal bulan Februari. Kepala BKPM  Bahlil Lahadalia menyampaikan mekanisme ini diberlakukan dalam rangka mendorong percepatan kemudahan berusaha yang berdampak pada investasi.

"Mulai Februari awal, tepatnya tanggal 3, maksimal tanggal 4, di BKPM seluruh perizinannya sudah akan mendapatkan delegasi dari kementerian dan lembaga. Jadi kalau mau mengurus perizinan, silakan monggo datang ke BKPM agar tidak lagi berbelit-belit," kata Bahlil di Kantornya, Rabu (29/01/20).

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha, menjadi dasar pengurusan perizinan satu pintu di BKPM. BKPM bahkan telah menciptakan sistem yang bisa diakses oleh seluruh pemohon izin. Contohnya izin untuk usaha pertambangan yang sebelumnya dibuat di Kementerian ESDM.

"Karena sebelumnya ada sebuah pemahaman atau kejadian bahwa izin di semua kementerian itu menyulitkan pengusaha, makanya dipusatkan di BKPM," ujar Bahlil.

Kata Bahlil, akan ada pejabat-pejabat dari 25 kementerian dan lembaga yang berkantor di BKPM. Tujuannya untuk menangani hal-hal teknis yang tidak dipahami oleh BKPM, atau dalam hal ini bertindak sebagai pejabat penghubung. Tetapi para pemohon hanya bersinggungan langsung dengan BKPM untuk menyelesaikan kewajiban administrasinya.

"Tidak perlu ke departemen teknis tapi cukup ke BKPM, ini pengusaha yang mau dan pengusaha penting diberi ruang positif agar bisa meningkatkan profit dan agar mereka punya kontribusi ke negara, termasuk pajak impor barang modal," tambahnya lagi.

Untuk mendukung tugas baru ini, ada perubahan status ada BKPM, yang sebelumnya merupakan lembaga pemerintah non-kementerian menjadi lembaga pemerintah setingkat kementerian dan lembaga pemerintah lainnya.

"Atas dasar pemikiran Pak Presiden dalam penguatan BKPM diubah menjadi institusi eksekutor. BKPM diangkat satu tingkat menjadi lembaga pemerintah dan diberikan fasilitas sama dengan Kementerian," tuturnya.

Aturan Penghambat

Presiden Jokowi memerintahkan menteri-menterinya untuk segera mencabut puluhan aturan penghambat investasi sebelum pergantian tahun.

“Bapak Presiden telah menginstruksikan kepada seluruh menteri, sampai dengan akhir bulan Desember 2019 sekurang-kurangnya mencabut 40 Permen (peraturan menteri) yang dianggap menghambat hal yang berkaitan dengan investasi dan kemudahan berusaha," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Pramono mencontohkan, Permen yang harus dicabut itu seperti perizinan pengadaan kapal yang tersebar di beberapa kementerian. Aturan seperti itu akan dipangkas dan dipusatkan di satu tempat. 

“Jadi nanti (mengurus) perizinan nggak harus ke kementerian mana-mana, cukup satu saja. Hambatan ini, kalau selalu ada, susah untuk berkembangnya,” kata Pramono.

Setelah Permen-Permen penghambat tadi di hapus, selanjutnya urusan perizinan usaha dan investasi akan dipusatkan di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Sekretaris Kabinet telah membuat surat secara resmi kepada BKPM untuk hal tersebut sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bahwa sekali lagi kewenangan perizinan menjadi tanggung jawab sepenuhnya BKPM,” kata Pramono, seperti dilansir situs Sekretariat Kabinet RI, Kamis (21/11/2019).

Oleh : Sadida Hafsyah
Editor: Rony Sitanggang
 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Opendesa

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl.Raya Piladang - Durian Gadang, Km 4 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Durian Gadang
Kecamatan : Akabiluru
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26252
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:38
    Kemarin:34
    Total Pengunjung:34.760
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.3.228.47
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

01 Mei 2019 | 670 Kali
Profil Nagari
09 Mei 2019 | 666 Kali
Profil Wali Nagari Durian Gadang
10 Mei 2019 | 666 Kali
Sejarah Nagari
30 April 2019 | 664 Kali
Perangkat Nagari
27 Mei 2019 | 661 Kali
Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintahan Nagari
09 Mei 2019 | 659 Kali
Visi dan Misi
06 April 2020 | 632 Kali
Warga Payakumbuh Yang Dimakamkan Sesuai Protap Covid-19, Hasil Lab Dinyatakan Negatif